Sunday, June 14, 2015

TIPS MENGHILANGKAN BAU MULUT SAAT PUASA

CARA MENJAGA MULUT TETAPSEGAR SELAMA PUASA


Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sering bermasalah saat berpuasa. Perut yang kosong selama sekitar 14 jam membuat bau mulut menjadi masalah serius, khususnya saat berkomunikasi dengan orang lain. Bau mulut selama puasa memang tidak bisa dihindarkan, namun dapat dikurangi. cara mengurangi bau mulut pada saat puasa dapat dilakukan dengan berbagai hal.
Bagi beberapa orang, khususnya yang menyempatkan diri untuk tidur sebentar setelah sahur dan sholat Subuh, mereka memilih tidak menyikat gigi saat bangun dan akan beraktifitas sebab mereka ragu-ragu apakah hal tersebut dapat memakruhkan atau bahkan membatalkan puasanya.
Sebenarnya saat tidur, meskipun sebentar, proses pembusukan dalam gigi tetap berlangsung dan hal tersebut dapat menimbulkan bau mulut. Oleh karena itu menyikat gigi tetap disarankan setelah sahur. Meskipun demikian, tingkat bau mulut seseorang juga dapat tergantung dari keadaan kesehatan mereka secara umum, misalnya orang yang menderita maag atau diabetes, mulutnya akan tetap bau disebabkan produksi asam lambung yang cepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar mulut tetap segar selama puasa:

1. Pada waktu sahur, sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan yang berpotensi tinggi menimbulkan bau mulut, seperti pete, jengkol, bawang, durian, ikan atau gorengan dan produk-produk yang terbuat dari susu. Sebaliknya, disarankan untuk sahur dengan makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah.
2.  Hindari pula makanan yang manis dan lengket di gigi seperti coklat, kue basah, es krim, dan lainnya. Jika tetap harus mengkonsumsinya, pastikan Anda segera berkumur atau menyikat gigi setelahnya agar sisa makanan manis dan lengket tersebut tidak menempel terlalu lama pada gigi.
3. Jika Anda memiliki masalah dengan gigi, sebaiknya sebelum bulan puasa Anda menemui dokter gigi untuk kontrol dan memperbaiki masalah tersebut.
4. Minum air putih minimal 8 sampai 10 gelas di malam hari, dari saat berbuka sampai saat sahur
5. Menggosok gigi setelah sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. Gosok gigi dengan baik dan benar agar gigi dan rongga mulut bersih dari sisa-sisa makanan. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Gunakan pembersih khusus lidah jika perlu atau cukup menyikat lidah dengan sikat gigi tanpa pasta gigi. Jika menggunakan obat kumur, jangan terlalu berlebihan karena malah akan menghilangkan flora normal yang dibutuhkan gigi.
6. Kurangi jumlah kafein serta berhenti atau minimal kurangi jumlah rokok yang dihisap
7. Jika bau mulut terjadi akibat kelainan organ tubuh dalam, misalnya akibat penyakit pada rongga mulut, telinga atau hidung dan tenggorokan, saluran pernafasan atau saluran pencernaan – sebaiknya Anda segera menemui dokter spesialis yang dapat menangani masalah-masalah tersebut. Kadang-kadang penyebab bau mulut yang tak sedap tidak berasal dari rongga mulut saja, melainkan dari penyakit tertentu.

Masalah bau mulut selama puasa sebenarnya dapat diminimalkan dengan cara memperhatikan dan menjaga kebersihan  mulut serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan baik. Nah itu tadi cara menghilangkan bau mulut selama puasa.  Jangan sampai puasa malah menganggu aktifitas sehari hari Anda sebab puasa adalah ibadah yang sangat penting dan berguna bagi kesehatan tubuh secara umum.


Sumber : facebook.com/note/cap-panda

No comments:

Post a Comment