Friday, June 5, 2015

TIPS MENGATASI TENGGOROKAN YANG GATAL DENGAN RESEP ALAMI

CARA AMPUH MENGATASI TENGGOROKAN YANG 

GATAL DENGAN ALAMI


Tenggorokan yang terasa gatal kadang bisa membuat seseorang stress karena tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati, meskipun demikian ada beberapa hal sederhana yang patut dicoba untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan. Didalam tenggorokan terdapat selaput lendir yang terdiri dari beberapa susunan syaraf, lendir tersebut berguna untuk melindungi ujung-ujung syaraf dan dinding bagian dalam tenggorokan.
Lendir diproduksi oleh kelenjar kecil yang ada pada selaput lending, selain bertugas untuk melindungi syaraf pada tenggorokan, lendir juga berfungsi sebagai pengatur kelancaran arus makanan yang Anda telan juga udara yang masuk saat kita bernafas. Jika kelenjar lendir tidak menghasilkan lendir yang cukup, hal yang akan terjadi adalah ujung-ujung syaraf tenggorokan mengalami iritasi dan timbullah reaksi gatal pada tenggorokan. Tenggorokan gatal dapat menyebabkan batuk ataupun sebaliknya, karena menderita batuk tenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, ada baiknya untuk diketahui pemicu rasa gatal sehingga dalam penangananya akan lebih tepat sasaran.

Penyebab timbulnya rasa gatal di tenggorokan

1.  Alergi terhadap lingkungan yang kurang bersih
2.  Akibat menderita batuk dan pilek
3.  Penyakit asma
4.  Tumor tenggorokan
5.  Menderita infeksi gangguan saluran pernafasan
6.  Terkena iritasi debu atau udara kering
7.  Asam lambung
8.  Karena alergi pada makanan yang terlanjur dimakan
9.  Muntah secara terus menerus
10.Bernyanyi dan berbicara dengan nada suara yang keras dalam kurun waktu yang lama
Rasa gatal tenggorokan kadang kala juga disertai dengan kondisi sulit bernafas, jika ini sering Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kepercayaan Anda.

Tips sederhana mengatasi rasa gatal di tenggorokan

a) Minumlah madu yang bisa Anda konsumsi langsung ataupun dengan cara diseduh menggunakan air hangat
b) Rutin meminum air jahe hangat
c) Menghisap permen pelega tenggorokan
d) Berkumur menggunakan air garam yang telah diseduh dengan air hangat, cara ini baik dilakukan saat sebeum tidur
e) Gunakanlah pelembab udara saat musim dingin, karena musim dingin di wilayah tropis biasanya disertai udara yang kering, dan keadaan inilah salah satu pemicu rasa gatal pada tenggorokan
Itulah tips untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan anda. Semoga maslah tentang tenggorokan anda dapat  teratasi dan lekas sembuh. Semoga bermanfaat.

Sumber: perawatankulitmu.com

No comments:

Post a Comment