Friday, May 1, 2015

CEMILAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

CEMILAN YANG SEHAT UNTUK IBU HAMIL



Pada saat mengandung calon bunda pasti menginginkan berbagai kudapan atau dengan alih-alih nyidam calon bunda menyantap apa saja yang diinginkannya. Dalam menyantap makanan tentu harus diperhatikan pula asupan nutrisinya. Dengan asupan nutrisi yang baik maka akan membawa dampak positif  bagi si calon bayi. Cemilan yang sehat untuk ibu hamil selain enak di konsumsi
 juga akan menyehatkan buat si calon banyi. Diantara jenis makanan yang dapat dibeli, ada jenis-jenis makanan siap saji yang bisa dikonsumsi ibu hamil, khususnya saat bumil ingin ngemil sebelum jam makan berat datang. Berikut adalah tujuh jenis bahan makanan yang dapat bunda coba, ketujuh cemilan tersebut direkomendasikan oleh Elizabet Somer, seorang pakar nutrisi dari Asosiasi Diet di Amerika Serikat.

Cemilan sehat untuk ibu hamil

1. Buah-buahan
Pisang, apel, jeruk manis, dan buah pir adalah jenis buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil. Selain kandungan seratnya yang tinggi, buah-buahan tersebut juga kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan. Bunda yang sedang hamil dapat memilih jenis buah yang disukai untuk dimasukan kedalam menu harian, baik dalam bentuk jus atau salad selain memakanya secara langsung.
2. Yogurt
Tak hanya kaya akan kandungan asam amino, yogurt juga kaya akan kandungan kalsium yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian bunda. Disamping itu, yogurt juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Beberapa merek yogurt bahkan mengandung probiotik yaitu bakteri ‘baik’ yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan bunda.
3. Kismis
Jenis buah kering ini terkenal akan kandungan serat, kalium, dan zat besinya. Bunda dapat mencampurkan kismis kedalam berbagai jenis olahan, ataupun memakanya langsung sebagai cemilan diantara waktu makan.
4. Sayuran.
 Elizabet Somer merekomendasikan bunda yang sedang menngandung untuk mengkonsumsi jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli. Disamping itu, wortel, tomat, mentimun, dan kacang-kacangan juga bagus untuk dikonsumsi bunda. Selain kaya akan kandungan serat dan vitamin, beberapa jenis bahan makanan ini mengandung protein nabati yang tidak kalah manfaatnya dari protein hewani.
5. Keju.
 Jenis makanan olahan susu ini terkenal akan kandungan kalsium dan proteinya. Keju jenis mozzarella atau cedar adalah dua diantara sekian banyak jenis keju yang dapat bunda pilih. Sebagai camilan, bunda dapat memakan langsung keju cedar, atau dikombinasikan dengan makanan lain.
6. Sereal gandum utuh.
 Sereal gandum utuh dan susu adalah kombinasi yang cocok sebagai sarapan pagi atau cemilan bunda yang sedang mengandung. Sereal jenis ini dikategorikan sebagai jenis makanan ber-Glycemix Index rendah, yang didalam tubuh di konversi menjadi gula secara bertahap. Dampaknya bunda akan merasa kenyang lebih lama.
7. Cemilan kombinasi
Bunda dapat membuat campuran beberapa jenis makanan diatas sebagai cemilan sehat sebelum makan. Buah dan yoghurt, salad sayur dan keju, atau sereal susu dan kismis adalah beberapa alternatif tepat sebagai snack sehat bunda.
Cemilan sehat untuk ibu hamil tadi dapat membantu para bunda dalam memilih kudapan yang akan di santap disaat santtai dengan keluarga. Dengan kudapan yang lezat dan sehat maka para calon bunda tidak usah khawatir mengenai asupan nutrisi yang terkandung dalam cemilan-cemilan tadi. Sudah pasti cemilan tadi selain enak  juga  bagus untuk si calon bayi. Selamat mencoba Bunda!!!

Sumber: http://balitapedia.com

No comments:

Post a Comment